Skip to main content

Tugas Ekonomi Teknik


Tugas Ekonomi Tenik
Soal
1.     Berikan masing-masing 5 contoh barang yang dapat terdepresiasi (penyusutan) dan yang tidak dapat terdepresiasi.
2.     Biaya pemeliharaan mesin sebagai berikut :
Tahun
Biaya (Rp. Dalam Juta)
1
1
2
1,3
3
1,6
4
1,9
5
2,1

Berapa biaya yg harus ditabung/disiapkan sekarang bila suku bunga 8% PA.
3.     Biaya pemeliharaan mesin sebagai berikut :
Tahun
Biaya (Rp. Dalam Juta)
1
2
2
3
3
4
4
5

Berapa biaya pertahunnya yang sebanding dengan rangkaian biaya pemeliharaan diatas, bila suku Bungan 9% PA.

Jawab
1.     Barang yang dapat terdepresiasi :
·       Bahan material bangunan
·       Uang kertas dan uang logam
·       Bahan bakar
·       Bangunan
·       Hak Cipta
Barang yang tidak dapat terdepresiasi :
·       Emas
·       Perak
·       Berlian
·       Barang antik
·       Barang bersejarah / artifak


2.     P = A(P/A,8%,5) + G(P/G,8%,5)
   = 7,335 + 2,201
   = 9,536

3.     A = A+G(A/G,9%,4)
    = 1 + 11,969
    = 12,969



Comments

Popular posts from this blog

PERBEDAAN UMUR PENCAPAIAN KUAT TEKAN BETON DARI PEREKAT SEMEN OPC, PPC DAN PCC

Abstrak : Di pasaran sangat sulit mendapatkan Semen Portland tipe I (OPC), yang beredar saat ini adalah PPC (portland pozollan cement) dan PCC (portland composite cement). Semen jenis inilah yang saat ini dipergunakan sebagai bahan perekat dalam campuran beton. Pada usaha ready mix juga terjadi persaingan yang demikian ketat, sehingga untuk dapat tetap eksis mereka mensubstitusikan semen dengan fly ash ( abu terbang ) untuk mendapatkan harga lebih kompetitif. Permasalahan muncul di lapangan pada saat pengetesan benda uji kubus maupun silinder, yaitu pengujian sampel beton dalam berbagai umur. Sering didapatkan data uji pada umur 3, 7, 14 hari bahwa kuat tekan beton sesuai dengan kuat tekan rencana bahkan lebih besar. Namun pada pengujian sampel yang berumur 28 hari sering menghasilkan nilai yang lebih kecil dari mutu rencana. Untuk menetukan nilai kuat tekan pengujian pada umur kurang dari 28 hari dikonversi dengan koefisien umur dan kuat tekan yang dikutif dari PBI 71. Benda uj...

Konstruksi pada Jembatan

SYARAT – SYARAT (PERTIMBANGAN) PERENCANAAN JEMBATAN YANG LAYAK           Ada beberapa aspek sebagai syarat pertimbangan perencanaan jembatan yang layak, diantaranya sebagai berikut : 1.         Kekuatan Unsur Struktural dan Stabilitas Keseluruhan Struktur harus mempunyai kekuatan memadai untuk menahan beban pada kondisi ultimate dan struktur sebagai satu kesatuan harus stabil pada pembebanan tersebut 2.         Kelayanan Struktural Bangunan bawah dan pondasi harus berada dalam keadaan layan pada beban batas beban layan. Hal ini berarti struktur tidak boleh mengalami retakan, lendutan atau getaran sedemekian sehingga masyarakat menjadi khawatir atau jembatan menjadi tidak layak untuk penggunaan atau mempunyai pengurangan berarti dalam umur kelayanan 3.         Keawetan Bahan yang dipilih harus sesuai untuk lingkungan, missa...